Blogger Widgets

Senin, 20 Agustus 2012

Biografi IR.Soekarno

Dr.(HC) Ir. Soekarno1 (ER, EYD: Sukarno, nama lahir: Koesno Sosrodihardjo) (lahir di Surabaya[1][2][3], Jawa Timur, 6 Juni 1901 � meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945�1966.[4] Ia memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.[5] Soekarno adalah penggali Pancasila karena ia yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai dasar negara Indonesia itu dan ia sendiri yang menamainya Pancasila.[5] Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Soekarno menandatangani Surat Perintah 11 Maret 1966 Supersemar yang kontroversial, yang isinya�berdasarkan versi yang dikeluarkan Markas Besar Angkatan Darat�menugaskan Letnan Jenderal Soeharto untuk mengamankan dan menjaga keamanan negara dan institusi kepresidenan.[5] Supersemar menjadi dasar Letnan Jenderal Soeharto untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan mengganti anggota-anggotanya yang duduk di parlemen.[5] Setelah pertanggungjawabannya ditolak Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) pada sidang umum ke empat tahun 1967, Presiden Soekarno diberhentikan dari jabatannya sebagai presiden pada Sidang Istimewa MPRS pada tahun yang sama dan mengangkat Soeharto sebagai pejabat Presiden Republik Indonesia.[5]Daftar isi [sembunyikan]

Nama

Ketika dilahirkan, Soekarno diberikan nama Koesno Sosrodihardjo oleh orangtuanya.[4] Namun karena ia sering sakit maka ketika berumur lima tahun namanya diubah menjadi Soekarno oleh ayahnya.[4][6] Nama tersebut diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharata Yudha yaitu Karna.[4][6] Nama "Karna" menjadi "Karno" karena dalam bahasa Jawa huruf "a" berubah menjadi "o" sedangkan awalan "su" memiliki arti "baik".[6]

Di kemudian hari ketika menjadi Presiden R.I., ejaan nama Soekarno diganti olehnya sendiri menjadi Sukarno karena menurutnya nama tersebut menggunakan ejaan penjajah (Belanda)[rujukan?]. Ia tetap menggunakan nama Soekarno dalam tanda tangannya karena tanda tangan tersebut adalah tanda tangan yang tercantum dalam Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang tidak boleh diubah[rujukan?]. Sebutan akrab untuk Soekarno adalah Bung Karno.
[sunting]
Achmed Soekarno

Di beberapa negara Barat, nama Soekarno kadang-kadang ditulis Achmed Soekarno. Hal ini terjadi karena ketika Soekarno pertama kali berkunjung ke Amerika Serikat, sejumlah wartawan bertanya-tanya, "Siapa nama kecil Soekarno?" karena mereka tidak mengerti kebiasaan sebagian masyarakat di Indonesia yang hanya menggunakan satu nama saja atau tidak memiliki nama keluarga. Entah bagaimana, seseorang lalu menambahkan nama Achmed di depan nama Soekarno. Hal ini pun terjadi di beberapa Wikipedia, seperti wikipedia bahasa Denmark dan bahasa Spanyol.

Sukarno menyebutkan bahwa nama Achmed didapatnya ketika menunaikan ibadah haji.[7] Dalam beberapa versi lain, disebutkan pemberian nama Achmed di depan nama Sukarno, dilakukan oleh para diplomat muslim asal Indonesia yang sedang melakukan misi luar negeri dalam upaya untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan negara Indonesia oleh negara-negara Arab.
[sunting]
Kehidupan
[sunting]
Masa kecil dan remaja

Rumah masa kecil Bung Karno

Soekarno dilahirkan dengan seorang ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya yaitu Ida Ayu Nyoman Rai.[4] Keduanya bertemu ketika Raden Soekemi yang merupakan seorang guru ditempatkan di Sekolah Dasar Pribumi di Singaraja, Bali.[4] Nyoman Rai merupakan keturunan bangsawan dari Bali dan beragama Hindu sedangkan Raden Soekemi sendiri beragama Islam.[4] Mereka telah memiliki seorang putri yang bernama Sukarmini sebelum Soekarno lahir.[8] Ketika kecil Soekarno tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur.[4]

Ia bersekolah pertama kali di Tulung Agung hingga akhirnya ia pindah ke Mojokerto, mengikuti orangtuanya yang ditugaskan di kota tersebut.[4] Di Mojokerto, ayahnya memasukan Soekarno ke Eerste Inlandse School, sekolah tempat ia bekerja.[8] Kemudian pada Juni 1911 Soekarno dipindahkan ke Europeesche Lagere School (ELS) untuk memudahkannya diterima di Hoogere Burger School (HBS).[4] Pada tahun 1915, Soekarno telah menyelesaikan pendidikannya di ELS dan berhasil melanjutkan ke HBS di Surabaya, Jawa Timur.[4] Ia dapat diterima di HBS atas bantuan seorang kawan bapaknya yang bernama H.O.S. Tjokroaminoto.[4] Tjokroaminoto bahkan memberi tempat tinggal bagi Soekarno di pondokan kediamannya.[4] Di Surabaya, Soekarno banyak bertemu dengan para pemimpin Sarekat Islam, organisasi yang dipimpin Tjokroaminoto saat itu, seperti Alimin, Musso, Dharsono, Haji Agus Salim, dan Abdul Muis.[4] Soekarno kemudian aktif dalam kegiatan organisasi pemuda Tri Koro Dharmo yang dibentuk sebagai organisasi dari Budi Utomo.[4] Nama organisasi tersebut kemudian ia ganti menjadi Jong Java (Pemuda Jawa) pada 1918.[4] Selain itu, Soekarno juga aktif menulis di harian "Oetoesan Hindia" yang dipimpin oleh Tjokroaminoto.[8]

Soekarno sewaktu menjadi siswa HBS Soerabaja

Tamat H.B.S. tahun 1920, Soekarno melanjutkan ke Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang ITB) di Bandung dengan mengambil jurusan teknik sipil pada tahun 1921[9], setelah dua bulan dia meninggalkan kuliah, tetapi pada tahun 1922 mendaftar kembali[10] dan tamat pada tahun 1926.[11] Soekarno dinyatakan lulus ujian insinyur pada tanggal 25 Mei 1926 dan pada Dies Natalis ke-6 TH Bandung tanggal 3 Juli 1926 dia diwisuda bersama delapan belas insinyur lainnya.[12] Prof. Jacob Clay selaku ketua fakultas pada saat itu menyatakan "Terutama penting peristiwa itu bagi kita karena ada di antaranya 3 orang insinyur orang Jawa".[13] Mereka adalah Soekarno, Anwari, dan Soetedjo[14], selain itu ada seorang lagi dari Minahasa yaitu Johannes Alexander Henricus Ondang.[15]

Saat di Bandung, Soekarno tinggal di kediaman Haji Sanusi yang merupakan anggota Sarekat Islam dan sahabat karib Tjokroaminoto.[4] Di sana ia berinteraksi dengan Ki Hajar Dewantara, Tjipto Mangunkusumo, dan Dr. Douwes Dekker, yang saat itu merupakan pemimpin organisasi National Indische Partij.
[sunting]
Sebagai arsitek

Bung Karno adalah presiden pertama Indonesia yang juga dikenal sebagai arsitek alumni dari Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang ITB) di Bandung dengan mengambil jurusan teknik sipil dan tamat pada tahun 1926.[16] [17] [18]
[sunting]
Pekerjaan dan Karya di Bidang Arsitektur
Ir. Soekarno pada tahun 1926 mendirikan biro insinyur bersama Ir. Anwari, banyak mengerjakan rancang bangun bangunan. Selanjutnya bersama Ir. Rooseno juga merancang dan membangun rumah-rumah dan jenis bangunan lainnya.
Ketika dibuang di Bengkulu menyempatkan merancang beberapa rumah dan merenovasi total masjid Jami' di tengah kota.[19]
[sunting]
Pengaruh Terhadap Karya Arsitektural Semasa Menjadi Presiden

Semasa menjabat sebagai presiden, ada beberapa karya arsitektur yang dipengaruhi atau dicetuskan oleh Soekarno. Juga perjalanan secara maraton dari bulan Mei sampai Juli pada tahun 1956 ke negara-negara Amerika Serikat, Kanada, Italia, Jerman Barat, dan Swiss. Membuat cakrawala alam pikir Soekarno semakin kaya dalam menata Indonesia secara holistik dan menampilkannya sebagai negara yang baru merdeka[20]. Soekarno membidik Jakarta sebagai wajah (muka) Indonesia terkait beberapa kegiatan berskala internasional yang diadakan di kota itu, namun juga merencanakan sebuah kota sejak awal yang diharapkan sebagai pusat pemerintahan di masa datang. Beberapa karya dipengaruhi oleh Soekarno atau atas perintah dan koordinasinya dengan beberapa arsitek seperti Frederich Silaban dan R.M. Soedarsono, dibantu beberapa arsitek junior untuk visualisasi. Beberapa desain arsitektural juga dibuat melalui sayembara[21]
Masjid Istiqlal 1951
Monumen Nasional 1960
Gedung Conefo [21]
Gedung Sarinah [21]
Wisma Nusantara [21]
Hotel Indonesia 1962[22]
Tugu Selamat Datang[22]
Monumen Pembebasan Irian Barat[22]
Patung Dirgantara[22]
Tahun 1955 Ir. Soekarno menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci dan sebagai seorang arsitek, Soekarno tergerak memberikan sumbangan ide arsitektural kepada pemerintah Arab Saudi agar membuat bangunan untuk melakukan sa�i menjadi dua jalur dalam bangunan dua lantai. Pemerintah Arab Saudi akhirnya melakukan renovasi Masjidil Haram secara besar-besaran pada tahun 1966, termasuk pembuatan lantai bertingkat bagi umat yang melaksanakan sa�i menjadi dua jalur dan lantai bertingkat untuk melakukan tawaf [18]
Rancangan skema Tata Ruang Kota Palangkaraya yang diresmikan pada tahun 1957 [18]



Pada tahun 1926, Soekarno mendirikan Algemene Studie Club di Bandung yang merupakan hasil inspirasi dari Indonesische Studie Club oleh Dr. Soetomo.[4] Organisasi ini menjadi cikal bakal Partai Nasional Indonesia yang didirikan pada tahun 1927.[11] Aktivitas Soekarno di PNI menyebabkannya ditangkap Belanda pada bulan Desember 1929 dan dipenjara di Penjara Banceuy, pada tahun 1930 dipindahkan ke Sukamiskin dan memunculkan pledoinya yang fenomenal Indonesia Menggugat (pledoi), hingga dibebaskan kembali pada tanggal 31 Desember 1931.

Pada bulan Juli 1932, Soekarno bergabung dengan Partai Indonesia (Partindo), yang merupakan pecahan dari PNI. Soekarno kembali ditangkap pada bulan Agustus 1933, dan diasingkan ke Flores. Di sini, Soekarno hampir dilupakan oleh tokoh-tokoh nasional. Namun semangatnya tetap membara seperti tersirat dalam setiap suratnya kepada seorang Guru Persatuan Islam bernama Ahmad Hasan.

Pada tahun 1938 hingga tahun 1942 Soekarno diasingkan ke Provinsi Bengkulu.

Soekarno baru kembali bebas pada masa penjajahan Jepang pada tahun 1942.
[sunting]
Masa penjajahan Jepang
Berkas:Famsukarno fatma.jpg
Soekarno bersama Fatmawati dan Guntur

Pada awal masa penjajahan Jepang (1942-1945), pemerintah Jepang sempat tidak memerhatikan tokoh-tokoh pergerakan Indonesia terutama untuk "mengamankan" keberadaannya di Indonesia. Ini terlihat pada Gerakan 3A dengan tokohnya Shimizu dan Mr. Syamsuddin yang kurang begitu populer.

Namun akhirnya, pemerintahan pendudukan Jepang memerhatikan dan sekaligus memanfaatkan tokoh-tokoh Indonesia seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan lain-lain dalam setiap organisasi-organisasi dan lembaga lembaga untuk menarik hati penduduk Indonesia. Disebutkan dalam berbagai organisasi seperti Jawa Hokokai, Pusat Tenaga Rakyat (Putera), BPUPKI dan PPKI, tokoh tokoh seperti Soekarno, Hatta, Ki Hajar Dewantara, K.H. Mas Mansyur, dan lain-lainnya disebut-sebut dan terlihat begitu aktif. Dan akhirnya tokoh-tokoh nasional bekerja sama dengan pemerintah pendudukan Jepang untuk mencapai kemerdekaan Indonesia, meski ada pula yang melakukan gerakan bawah tanah seperti Sutan Syahrir dan Amir Sjarifuddin karena menganggap Jepang adalah fasis yang berbahaya.

Presiden Soekarno sendiri, saat pidato pembukaan menjelang pembacaan teks proklamasi kemerdekaan, mengatakan bahwa meski sebenarnya kita bekerja sama dengan Jepang sebenarnya kita percaya dan yakin serta mengandalkan kekuatan sendiri.

Ia aktif dalam usaha persiapan kemerdekaan Indonesia, di antaranya adalah merumuskan Pancasila, UUD 1945, dan dasar dasar pemerintahan Indonesia termasuk merumuskan naskah proklamasi Kemerdekaan. Ia sempat dibujuk untuk menyingkir ke Rengasdengklok.

Pada tahun 1943, Perdana Menteri Jepang Hideki Tojo mengundang tokoh Indonesia yakni Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ki Bagoes Hadikoesoemo ke Jepang dan diterima langsung oleh Kaisar Hirohito. Bahkan kaisar memberikan Bintang kekaisaran (Ratna Suci) kepada tiga tokoh Indonesia tersebut. Penganugerahan Bintang itu membuat pemerintahan pendudukan Jepang terkejut, karena hal itu berarti bahwa ketiga tokoh Indonesia itu dianggap keluarga Kaisar Jepang sendiri. Pada bulan Agustus 1945, ia diundang oleh Marsekal Terauchi, pimpinan Angkatan Darat wilayah Asia Tenggara di Dalat Vietnam yang kemudian menyatakan bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah urusan rakyat Indonesia sendiri.

Namun keterlibatannya dalam badan-badan organisasi bentukan Jepang membuat Soekarno dituduh oleh Belanda bekerja sama dengan Jepang, antara lain dalam kasus romusha.
[sunting]
Masa Perang Revolusi

Ruang tamu rumah persembunyian Bung Karno di Rengasdengklok.

Soekarno bersama tokoh-tokoh nasional mulai mempersiapkan diri menjelang Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Setelah sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia BPUPKI, Panitia Kecil yang terdiri dari delapan orang (resmi), Panitia Kecil yang terdiri dari sembilan orang/Panitia Sembilan (yang menghasilkan Piagam Jakarta) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia PPKI, Soekarno-Hatta mendirikan Negara Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Setelah menemui Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam, terjadilah Peristiwa Rengasdengklok pada tanggal 16 Agustus 1945; Soekarno dan Mohammad Hatta dibujuk oleh para pemuda untuk menyingkir ke asrama pasukan Pembela Tanah Air Peta Rengasdengklok. Tokoh pemuda yang membujuk antara lain Soekarni, Wikana, Singgih serta Chairul Saleh. Para pemuda menuntut agar Soekarno dan Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia, karena di Indonesia terjadi kevakuman kekuasaan. Ini disebabkan karena Jepang sudah menyerah dan pasukan Sekutu belum tiba. Namun Soekarno, Hatta dan para tokoh menolak dengan alasan menunggu kejelasan mengenai penyerahan Jepang. Alasan lain yang berkembang adalah Soekarno menetapkan momen tepat untuk kemerdekaan Republik Indonesia yakni dipilihnya tanggal 17 Agustus 1945 saat itu bertepatan dengan bulan Ramadhan, bulan suci kaum muslim yang diyakini merupakan bulan turunnya wahyu pertama kaum muslimin kepada Nabi Muhammad SAW yakni Al Qur-an. Pada tanggal 18 Agustus 1945, Soekarno dan Mohammad Hatta diangkat oleh PPKI menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Pada tanggal 29 Agustus 1945 pengangkatan menjadi presiden dan wakil presiden dikukuhkan oleh KNIP. Pada tanggal 19 September 1945 kewibawaan Soekarno dapat menyelesaikan tanpa pertumpahan darah peristiwa Lapangan Ikada tempat 200.000 rakyat Jakarta akan bentrok dengan pasukan Jepang yang masih bersenjata lengkap.

Pada saat kedatangan Sekutu (AFNEI) yang dipimpin oleh Letjen. Sir Phillip Christison, Christison akhirnya mengakui kedaulatan Indonesia secara de facto setelah mengadakan pertemuan dengan Presiden Soekarno. Presiden Soekarno juga berusaha menyelesaikan krisis di Surabaya. Namun akibat provokasi yang dilancarkan pasukan NICA (Belanda) yang membonceng Sekutu (di bawah Inggris), meledaklah Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya dan gugurnya Brigadir Jenderal A.W.S Mallaby.

Karena banyak provokasi di Jakarta pada waktu itu, Presiden Soekarno akhirnya memindahkan Ibukota Republik Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta. Diikuti wakil presiden dan pejabat tinggi negara lainnya.

Kedudukan Presiden Soekarno menurut UUD 1945 adalah kedudukan Presiden selaku kepala pemerintahan dan kepala negara (presidensiil/single executive). Selama revolusi kemerdekaan, sistem pemerintahan berubah menjadi semipresidensiil/double executive. Presiden Soekarno sebagai Kepala Negara dan Sutan Syahrir sebagai Perdana Menteri/Kepala Pemerintahan. Hal itu terjadi karena adanya maklumat wakil presiden No X, dan maklumat pemerintah bulan November 1945 tentang partai politik. Hal ini ditempuh agar Republik Indonesia dianggap negara yang lebih demokratis.

Meski sistem pemerintahan berubah, pada saat revolusi kemerdekaan, kedudukan Presiden Soekarno tetap paling penting, terutama dalam menghadapi Peristiwa Madiun 1948 serta saat Agresi Militer Belanda II yang menyebabkan Presiden Soekarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta dan sejumlah pejabat tinggi negara ditahan Belanda. Meskipun sudah ada Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) dengan ketua Sjafruddin Prawiranegara, tetapi pada kenyataannya dunia internasional dan situasi dalam negeri tetap mengakui bahwa Soekarno-Hatta adalah pemimpin Indonesia yang sesungguhnya, hanya kebijakannya yang dapat menyelesaikan sengketa Indonesia-Belanda.
[sunting]
Masa kemerdekaan

Soekarno dan Josip Broz Tito

Setelah Pengakuan Kedaulatan (Pemerintah Belanda menyebutkan sebagai Penyerahan Kedaulatan), Presiden Soekarno diangkat sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS) dan Mohammad Hatta diangkat sebagai perdana menteri RIS. Jabatan Presiden Republik Indonesia diserahkan kepada Mr Assaat, yang kemudian dikenal sebagai RI Jawa-Yogya. Namun karena tuntutan dari seluruh rakyat Indonesia yang ingin kembali ke negara kesatuan, maka pada tanggal 17 Agustus 1950, RIS kembali berubah menjadi Republik Indonesia dan Presiden Soekarno menjadi Presiden RI. Mandat Mr Assaat sebagai pemangku jabatan Presiden RI diserahkan kembali kepada Ir. Soekarno. Resminya kedudukan Presiden Soekarno adalah presiden konstitusional, tetapi pada kenyataannya kebijakan pemerintah dilakukan setelah berkonsultasi dengannya.

Mitos Dwitunggal Soekarno-Hatta cukup populer dan lebih kuat di kalangan rakyat dibandingkan terhadap kepala pemerintahan yakni perdana menteri. Jatuh bangunnya kabinet yang terkenal sebagai "kabinet seumur jagung" membuat Presiden Soekarno kurang memercayai sistem multipartai, bahkan menyebutnya sebagai "penyakit kepartaian". Tak jarang, ia juga ikut turun tangan menengahi konflik-konflik di tubuh militer yang juga berimbas pada jatuh bangunnya kabinet. Seperti peristiwa 17 Oktober 1952 dan Peristiwa di kalangan Angkatan Udara.

Soekarno dan John F. Kennedy

Presiden Soekarno juga banyak memberikan gagasan-gagasan di dunia Internasional. Keprihatinannya terhadap nasib bangsa Asia-Afrika, masih belum merdeka, belum mempunyai hak untuk menentukan nasibnya sendiri, menyebabkan presiden Soekarno, pada tahun 1955, mengambil inisiatif untuk mengadakan Konferensi Asia-Afrika di Bandung yang menghasilkan Dasa Sila. Bandung dikenal sebagai Ibu Kota Asia-Afrika. Ketimpangan dan konflik akibat "bom waktu" yang ditinggalkan negara-negara barat yang dicap masih mementingkan imperialisme dan kolonialisme, ketimpangan dan kekhawatiran akan munculnya perang nuklir yang mengubah peradaban, ketidakadilan badan-badan dunia internasional dalam penyelesaian konflik juga menjadi perhatiannya. Bersama Presiden Josip Broz Tito (Yugoslavia), Gamal Abdel Nasser (Mesir), Mohammad Ali Jinnah (Pakistan), U Nu, (Birma) dan Jawaharlal Nehru (India) ia mengadakan Konferensi Asia Afrika yang membuahkan Gerakan Non Blok. Berkat jasanya itu, banyak negara Asia Afrika yang memperoleh kemerdekaannya. Namun sayangnya, masih banyak pula yang mengalami konflik berkepanjangan sampai saat ini karena ketidakadilan dalam pemecahan masalah, yang masih dikuasai negara-negara kuat atau adikuasa. Berkat jasa ini pula, banyak penduduk dari kawasan Asia Afrika yang tidak lupa akan Soekarno bila ingat atau mengenal akan Indonesia.[rujukan?]

Guna menjalankan politik luar negeri yang bebas-aktif dalam dunia internasional, Presiden Soekarno mengunjungi berbagai negara dan bertemu dengan pemimpin-pemimpin negara. Di antaranya adalah Nikita Khruschev (Uni Soviet), John Fitzgerald Kennedy (Amerika Serikat), Fidel Castro (Kuba), Mao Tse Tung (RRC).
[sunting]
Kejatuhan

Situasi politik Indonesia menjadi tidak menentu setelah enam jenderal dibunuh dalam peristiwa yang dikenal dengan sebutan Gerakan 30 September atau G30S pada 1965.[23][11] Pelaku sesungguhnya dari peristiwa tersebut masih merupakan kontroversi walaupun PKI dituduh terlibat di dalamnya.[11] Kemudian massa dari KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) dan KAPI (Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia) melakukan aksi demonstrasi dan menyampaikan Tri Tuntutan Rakyat (Tritura) yang salah satu isinya meminta agar PKI dibubarkan.[23] Namun, Soekarno menolak untuk membubarkan PKI karena bertentangan dengan pandangan Nasakom (Nasionalisme, Agama, Komunisme).[5][23] Sikap Soekarno yang menolak membubarkan PKI kemudian melemahkan posisinya dalam politik.[11][5]

Lima bulan kemudian, dikeluarkanlah Surat Perintah Sebelas Maret yang ditandatangani oleh Soekarno.[23] Isi dari surat tersebut merupakan perintah kepada Letnan Jenderal Soeharto untuk mengambil tindakan yang perlu guna menjaga keamanan pemerintahan dan keselamatan pribadi presiden.[23] Surat tersebut lalu digunakan oleh Soeharto yang telah diangkat menjadi Panglima Angkatan Darat untuk membubarkan PKI dan menyatakannya sebagai organisasi terlarang.[23] Kemudian MPRS pun mengeluarkan dua Ketetapannya, yaitu TAP No. IX/1966 tentang pengukuhan Supersemar menjadi TAP MPRS dan TAP No. XV/1966 yang memberikan jaminan kepada Soeharto sebagai pemegang Supersemar untuk setiap saat menjadi presiden apabila presiden berhalangan.[24]

Soekarno kemudian membawakan pidato pertanggungjawaban mengenai sikapnya terhadap peristiwa G30S pada Sidang Umum ke-IV MPRS.[23] Pidato tersebut berjudul "Nawaksara" dan dibacakan pada 22 Juni 1966.[5] MPRS kemudian meminta Soekarno untuk melengkapi pidato tersebut.[23] Pidato "Pelengkap Nawaskara" pun disampaikan oleh Soekarno pada 10 Januari 1967 namun kemudian ditolak oleh MPRS pada 16 Februari tahun yang sama.[23]

Hingga akhirnya pada 20 Februari 1967 Soekarno menandatangani Surat Pernyataan Penyerahan Kekuasaan di Istana Merdeka.[24] Dengan ditandatanganinya surat tersebut maka Soeharto de facto menjadi kepala pemerintahan Indonesia.[24] Setelah melakukan Sidang Istimewa maka MPRS pun mencabut kekuasaan Presiden Soekarno, mencabut gelar Pemimpin Besar Revolusi dan mengangkat Soeharto sebagai Presiden RI hingga diselenggarakan pemilihan umum berikutnya.[24]
[sunting]
Sakit hingga meninggal

Makam Presiden Soekarno di Blitar, Jawa Timur.

Kesehatan Soekarno sudah mulai menurun sejak bulan Agustus 1965.[24] Sebelumnya, ia telah dinyatakan mengidap gangguan ginjal dan pernah menjalani perawatan di Wina, Austria tahun 1961 dan 1964.[24] Prof. Dr. K. Fellinger dari Fakultas Kedokteran Universitas Wina menyarankan agar ginjal kiri Soekarno diangkat tetapi ia menolaknya dan lebih memilih pengobatan tradisional.[24] Ia masih bertahan selama 5 tahun sebelum akhirnya meninggal pada hari Minggu, 21 Juni 1970 di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) Gatot Subroto, Jakarta dengan status sebagai tahanan politik.[24][4] Jenazah Soekarno pun dipindahkan dari RSPAD ke Wisma Yasso yang dimiliki oleh Ratna Sari Dewi.[24] Sebelum dinyatakan wafat, pemeriksaan rutin terhadap Soekarno sempat dilakukan oleh Dokter Mahar Mardjono yang merupakan anggota tim dokter kepresidenan.[24] Tidak lama kemudian dikeluarkanlah komunike medis yang ditandatangani oleh Ketua Prof. Dr. Mahar Mardjono beserta Wakil Ketua Mayor Jenderal Dr. (TNI AD) Rubiono Kertopati.[24]

Komunike medis tersebut menyatakan hal sebagai berikut:[24]
Pada hari Sabtu tanggal 20 Juni 1970 jam 20.30 keadaan kesehatan Ir. Soekarno semakin memburuk dan kesadaran berangsur-angsur menurun.
Tanggal 21 Juni 1970 jam 03.50 pagi, Ir. Soekarno dalam keadaan tidak sadar dan kemudian pada jam 07.00 Ir. Soekarno meninggal dunia.
Tim dokter secara terus-menerus berusaha mengatasi keadaan kritis Ir. Soekarno hingga saat meninggalnya.

Walaupun Soekarno pernah meminta agar dirinya dimakamkan di Istana Batu Tulis, Bogor, namun pemerintahan Presiden Soeharto memilih Kota Blitar, Jawa Timur, sebagai tempat pemakaman Soekarno.[24] Hal tersebut ditetapkan lewat Keppres RI No. 44 tahun 1970.[24] Jenazah Soekarno dibawa ke Blitar sehari setelah kematiannya dan dimakamkan keesokan harinya bersebelahan dengan makam ibunya.[24] Upacara pemakaman Soekarno dipimpin oleh Panglima ABRI Jenderal M. Panggabean sebagai inspektur upacara.[24] Pemerintah kemudian menetapkan masa berkabung selama tujuh hari.[24]
[sunting]
Peninggalan

Dalam rangka memperingati 100 tahun kelahiran Soekarno pada 6 Juni 2001, maka Kantor Filateli Jakarta menerbitkan prangko "100 Tahun Bung Karno".[8] Prangko yang diterbitkan merupakan empat buah prangko berlatar belakang bendera Merah Putih serta menampilkan gambar diri Soekarno dari muda hingga ketika menjadi Presiden Republik Indonesia.[8] Prangko pertama memiliki nilai nominal Rp500 dan menampilkan potret Soekarno pada saat sekolah menengah. Yang kedua bernilai Rp800 dan gambar Soekarno ketika masih di perguruan tinggi tahun 1920-an terpampang di atasnya. Sementara itu, prangko yang ketiga memiliki nominal Rp900 serta menunjukkan foto Soekarno saat proklamasi kemerdekaan RI. Prangko yang terakhir memiliki gambar Soekarno ketika menjadi Presiden dan bernominal Rp1000. Keempat prangko tersebut dirancang oleh Heri Purnomo dan dicetak sebanyak 2,5 juta set oleh Perum Peruri.[8] Selain prangko, Divisi Filateli PT Pos Indonesia menerbitkan juga lima macam kemasan prangko, album koleksi prangko, empat jenis kartu pos, dua macam poster Bung Karno serta tiga desain kaus Bung Karno.[8]

Prangko yang menampilkan Soekarno juga diterbitkan oleh Pemerintah Kuba pada tanggal 19 Juni 2008. Prangko tersebut menampilkan gambar Soekarno dan presiden Kuba Fidel Castro.[25] Penerbitan itu bersamaan dengan ulang tahun ke-80 Fidel Castro dan peringatan kunjungan Presiden Indonesia, Soekarno, ke Kuba.

Gelanggang Olahraga Bung Karno pada 1962.

Nama Soekarno pernah diabadikan sebagai nama sebuah gelanggang olahraga pada tahun 1958. Bangunan tersebut, yaitu Gelanggang Olahraga Bung Karno, didirikan sebagai sarana keperluan penyelenggaraan Asian Games IV tahun 1962 di Jakarta. Pada masa Orde Baru, kompleks olahraga ini diubah namanya menjadi Gelora Senayan. Tapi sesuai keputusan Presiden Abdurrahman Wahid, Gelora Senayan kembali pada nama awalnya yaitu Gelanggang Olahraga Bung Karno. Hal ini dilakukan dalam rangka mengenang jasa Bung Karno.[26]

Setelah kematiannya, beberapa yayasan dibuat atas nama Soekarno. Dua di antaranya adalah Yayasan Pendidikan Soekarno dan Yayasan Bung Karno. Yayasan Pendidikan Soekarno adalah organisasi yang mencetuskan ide untuk membangun universitas dengan pemahaman yang diajarkan Bung Karno. Yayasan ini dipimpin oleh Rachmawati Soekarnoputri, anak ke tiga Soekarno dan Fatmawati. Pada tahun 25 Juni 1999 Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie meresmikan Universitas Bung Karno yang secara resmi meneruskan pemikiran Bung Karno, Nation and Character Building kepada mahasiswa-mahasiswanya.[27]

Sementara itu, Yayasan Bung Karno memiliki tujuan untuk mengumpulkan dan melestarikan benda-benda seni maupun nonseni kepunyaan Soekarno yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.[28] Yayasan tersebut didirikan pada tanggal 1 Juni 1978 oleh delapan putra-putri Soekarno yaitu Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Taufan Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra, dan Kartika Sari Dewi Soekarno.[28] Pada tahun 2003, Yayasan Bung Karno membuka stan di Arena Pekan Raya Jakarta.[8] Di stan tersebut ditampilkan video pidato Soekarno berjudul "Indonesia Menggugat" yang disampaikan di Gedung Landraad tahun 1930 serta foto-foto semasa Soekarno menjadi presiden.[8] Selain memperlihatkan video dan foto, berbagai cenderamata Soekarno dijual di stan tersebut.[8] Di antaranya adalah kaus, jam emas, koin emas, CD berisi pidato Soekarno, serta kartu pos Soekarno.[8]

Seseorang yang bernama Soenuso Goroyo Sukarno mengaku memiliki harta benda warisan Soekarno.[8] Soenuso mengaku merupakan mantan sersan dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang.[8] Ia pernah menunjukkan benda-benda yang dianggapnya sebagai warisan Soekarno itu kepada sejumlah wartawan di rumahnya di Cileungsi, Bogor.[8] Benda-benda tersebut antara lain sebuah lempengan emas kuning murni 24 karat yang terdaftar dalam register emas JM London, emas putih dengan cap tapal kuda JM Mathey London serta plakat logam berwarna kuning dengan tulisan ejaan lama berupa deposito hibah.[8] Selain itu terdapat pula uang UBCN (Brasil) dan Yugoslavia serta sertifikat deposito obligasi garansi di Bank Swiss dan Bank Netherland.[8] Meskipun emas yang ditunjukkan oleh Soenuso bersertifikat namun belum ada pakar yang memastikan keaslian dari emas tersebut.[29]
[sunting]
Penghargaan

Semasa hidupnya, Soekarno mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari 26 universitas di dalam dan luar negeri.[30] Perguruan tinggi dalam negeri yang memberikan gelar kehormatan kepada Soekarno antara lain Universitas Gajah Mada (19 September 1951), Institut Teknologi Bandung (13 September 1962), Universitas Indonesia (2 Februari 1963), Universitas Hasanuddin (25 April 1963), Institut Agama Islam Negeri Jakarta (2 Desember 1963), Universitas Padjadjaran (23 Desember 1964), dan Universitas Muhammadiyah (1 Agustus 1965).[30] Sementara itu, Columbia University (Amerika Serikat), Berlin University (Jerman), Lomonosov University (Rusia) dan Al-Azhar University (Mesir) merupakan beberapa universitas luar negeri yang menganugerahi Soekarno dengan gelar Doktor Honoris Causa.[30]

Pada bulan April 2005, Soekarno yang sudah meninggal selama 35 tahun mendapatkan penghargaan dari Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki.[8] Penghargaan tersebut adalah penghargaan bintang kelas satu The Order of the Supreme Companions of OR Tambo yang diberikan dalam bentuk medali, pin, tongkat, dan lencana yang semuanya dilapisi emas.[8] Soekarno mendapatkan penghargaan tersebut karena dinilai telah mengembangkan solidaritas internasional demi melawan penindasan oleh negara maju serta telah menjadi inspirasi bagi rakyat Afrika Selatan dalam melawan penjajahan dan membebaskan diri dari apartheid.[8] Acara penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Kantor Kepresidenan Union Buildings di Pretoria dan dihadiri oleh Megawati Soekarnoputri yang mewakili ayahnya dalam menerima penghargaan.[8]

Sejarah Shalat ied



Shalat ied pertama kali dilaksanakan pada tahun ke dua hijriah, dalam sebuah hadits disebutkan:

Dari Jabir Rodliallohu�anhu berkata : Rosululloh datang ke Madinah, sedangkan penduduk Madinah mempunyai dua hari raya yang mereka rayakan. Beliau bertanya,� Dua hari raya apakah ini ? � maka dijawab : �Kami merayakannya pada masa jahiliyyah.� Maka beliau bersabda � Alloh telah mengganti dua hari raya ini dengan yang lebih baik dari keduanya, yaitu �Idul Adha dan �Idul Fitri.�
[HR Abu Daud no 1134. Nasa'i no 1557. Ahmad 3 / 103,178,235,250]

Spesifikasi Minimum Pes 2013


Kamis, 16 Agustus 2012

Spesifikasi Acer Aspire 4349

Desain dan warna
ACER ASPIRE 4349 memiliki desain yang lumayan cantik dengan warna hitam dove, bermotif. Ada video camera diatas tengah monitor. Memiliki tombol / keypad yang nyaman untuk di ketik

Charger dan Baterai
Ketika membeli ACER ASPIRE 4349 sudah dilengkapi satu paket dengan charger dan baterai. Untuk ketahanan baterai sendiri ketika saya bertanya pada penjual katanya jika di isi sampai 100% maka baterai ACER ASPIRE 4349 bisa di gunakan maksimal 2 jam. Tapi pada kenyataanya sampai saya menulis review ACER ASPIRE 4349 ini baterai bisa bertahan hingga hampir 5 jam. Pada indikator menunjukan 4 jam 56 menit, ketika saya hitung manual dengan jam tangan hanya selisih beberapa menit saja. Syukur dech bisa bertahan lama... jadi betah di area hotspot deeech..

Panas
Ketika laptop ACER ASPIRE 4349 sampai dirumah, pemakaian langsung saya gober, hari pertama 6 jam pemakaian nonstop dengan membuka program firefok ( browsing ), hari ke dua dan seterusnya hampir 8 jam ketika saya cek temperaturnya aman-aman saja, masih dingin. Hanya di bagian pembuangan panas saja yang terasa anget-anget tai ayam...hehehe.. Hanya modem saya yang panas, kelewat panas malahan.... maklum saya menggunakan modem smart connex yang terkenal super panasnya. Untuk masalah modem smart connex yang panas ini saya akali dengan kipas kecil bekas PSU.

Sistem Operasi
Ketika saya membeli ACER ASPIRE 4349 baru, belum disertai sistem operasi, namun vendor acer menyarankan untuk menggunakan windows 7. Ya okelah yak...... saya pasang juga tuh windows 7 ultimate. Sekalian pengen nyoba sich... cos selama ini hanya oprek-oprek win XP

Spesifikasi
Nah... sekarang kita mebicarakan masalah spesifikasi ACER ASPIRE 4349

Processor
Intel� DualCore B800-1.5GHz (2MB Cache, FSB 1066Mhz)

Memory
2GB up to 8GB DDR3

Video Type
Intel HD Graphics-729MB

Display Size
14? wide Crystal LED

Hard drive
320GB SATA

Optical Drive
8X CD/DVD Burner (Dual Layer DVD+/-R Drive)

Connetivity
Integrated 802.11 a/b/g; 10/100Mbps Ethernet

Expansion
2 x USB Port, WebCam, CardReader, HDMI, RGB Port

O/S Provided
-

Battery Type
Lion 6 cell Rechargeable Lithium-ion Battery

Dimension (WHD)
342 x 25.5/31.9 x 245 mm

Weight
2.2 kg

Standard Warranty
1 (One) Year Limited by ACER Indonesia

Berikut adalah gambar dari ACER ASPIRE 4349

Spesifkasi Delta force xteme 2

System requirements
Operating system: Windows XP SP2 / Vista
Processor: Dual-core processor (Intel � Core 2 Duo E6540/AMD � equivalent or higher)
Memory: 1 GB
Video: DX9.0c Compatible graphics card with Shader Model 3.0 support (NVIDIA � GeForce � 8 series / AMD � equivalent or higher)
Sound: Sound card compatible with DirectX 9.0c
DAEMON Tools
Space: 1 GB

Cara menginstal windows seven

Setelah beberapa hari muter-muter di google, ternyata banyak orang-orang yang mencari tutorial mengenai cara install Windows 7. Maka saya putuskan untuk menulis tutorial-nya di blog ini secara step by step serta dilengkapi dengan gambar.

Langkah-langkah yang akan saya berikan dan jelaskan compatible dengan media CD/DVD maupun menggunakan USB Flashdisk. Hanya tinggal mengatur boot periority-nya saja. Serta tutorial ini support untuk laptop atau desktop PC baik itu 32bit maupun 64bit.
Cara install windows 7 menggunakan media CD/DVD/USB Flashdisk

Disini dijelaskan cara install windows 7 mulai dari awal dan sangat cocok untuk nubi yang sebelumnya tidak pernah menginstall windows. Jadi tidak usah takut salah atau error karena jika anda mengikuti langkah-langkah ini dengan benar pasti berhasil kok. Yang harus dilakukan adalah,
Masukkan media yang ingin anda gunakan untuk menginstal windows, baik itu CD/DVD/USB Flashdisk.
Atur boot priority sesuai media yang digunakan, jika anda belum mengerti tentang setting boot priority silahkan baca terlebih dahulu,
Cara mengatur BIOS agar Booting dari CDROM/DVDROM
Pengaturan Booting BIOS dari USB flashdisk
Ok, dianggap sudah baca dan sudah bisa
Ini dia Cara install windows 7 Step by step
Jika ada tulisan �press any key to boot from�.� Silahkan tekan sembarang key. Maka akan muncul windows is loading file.
Pilih bahasa, zona waktu dan input metode kemudian klik next
Klik install now
Beri tanda centang/ceklist di kolom I accept license terms dan klik next
Pilih upgrade jika anda hanya ingin mengupgrade. Pilih custom jika anda ingin menginstall/reinstall windows
Jika drive belum memiliki partisi, silahkan dipartisi terlebih dahulu. Jika sudah memiliki partisi dan ingin menginstal ulang windows pilih drive C dan klik drive option > format drive C-nya. Lalu next.
Proses install akan berjalan. Dimulai dari proses copying windows files
Proses Expanding windows files
Proses Installing feature
Proses Installing updates
Kemudian tunggu proses 5 detik dan windows akan memulai proses restart
Proses starting windows
Setup is updating registry settings
Dan dilanjutkan dengan proses Completing installation
Kemudian ptomatis restart kembali, jika ada perintah �press any key to boot from�.� Jangan ditekan apa-apa biarkan saja.
Setup is preparing your computer for first use
Setup is checking video performance
Ketika setup windows muncul silahkan isi nama pengguna maka otomatis nama computer akan ditambahkan juga
Jika anda ingin menambahkan password untuk akun anda silahkan diisi, jika tidak langsung klik next saja
Kemudian lanjutkan dengan mengisi product key atau klik next saja jika ingin memasukkannya nanti setelah proses installasi selesai
Pilih opsi yang Anda inginkan untuk Windows Update
Pilih zona waktu, set date dan time
Jika anda terhubung dengan koneksi internet maka pilih home network, jika tidak menggunakan koneksi internet close saja
Proses koneksi akan dilanjutkan
Proses akhir penyelesain setting untuk windows
Load tampilan Welcome
Preparing your desktop
Proses installasi selesai, selanjutnya tinggal mempercepat kinerja windows 7 anda.

Untuk proses cara install/reinstall windows 7 step by step selesai, proses diatas merupakan cuplikan secara keseluruhan dari awal hingga akhir. Yang paling harus diperhatikan adalah point.6 disitu yang menentukan dan disitu juga memungkin kesalahan terjadi.

Selasa, 14 Agustus 2012

cara membuat website

Selamat Datang di Blog ini,
Untuk memulai tutorial, silahkan agan menuju halaman Cara Mendapatkan Domain Gratis untuk mendapatkan domain atau nama website sesuai dengan selera agan.

Di sini Anda akan belajar cara membuat website tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Anda akan mendapatkan domain (nama website) dan juga hosting yang profesional untuk Anda gunakan.

Tentu ada kekurangan atau keterbatasan dalam menggunakan fasilitas yang serba gratis ini, misalnya Anda tidak dapat meng-upload file yang memiliki kapasitas lebih dari 5 Megabit ke dalam hosting.

Tapi semua itu tidaklah perlu di khawatirkan karena fasilitas yang cukup lengkap tersedia untuk Anda gunakan dan sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakan fasilitas gratis ini untuk sekedar belajar membuat bagaimana cara membuat website, sehingga suatu hari nanti jika memiliki atau membuat website yang berbayar tidak akan terlalu kaku dan canggung dalam membuatnya.
Lebih dari itu, semua yang Anda pelajari di dalam blog ini mudah-mudahan dapat memberi manfa'at dan bisa menambah wawasan anda dalam dunia internet yang sekarang sudah tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari.

Sudah hampir 20 persen dari penduduk Indonesia saat ini sudah tergantung kepada internet, mulai dari mencari informasi, bersosialisasi sampai dengan berhubungan dengan orang-orang yang mereka kenal melalui internet.

Akhir kata saya ucapkan salam dan sukses selalu.

Ilmu akan menjadi bermanfa'at, berguna, berkembang dan menjadi amal sholeh jika dipergunakan dengan baik dan disebarluaskan kepada siapa saja yang membutuhkan.

cara mendesain blog dengan baik dan benar

Kali ini aku pengen share tentang bagaimana menjadi blogger yang baik dalam mendesain dan memposting artikel.

Pertama masalah design , sebagai pegangan dalam men-design buatlah desain blog yang MENARIK, RINGAN, dan INFORMATIF.
Berikut akan aku beri tips tentang Mendesain Blog yang baik.



MENARIK
Buatlah desain semenarik mungkin agar para pengunjung tidak kabur gara-gara desain gak jelas, terlalu banyak warna.
Buatlah desain dengan komposisi warna HITAM, PUTIH, MERAH, KUNING, HIJAU, BIRU, atau warna yang mendekati itu. Dalam membuat desain blog, jangan membuat warna yang norak dan susah dibaca, jadi gunakan warna yang kontras agar teks dapat terbaca dengan sempurna.
Pilihlah font yang mudah terbaca, kalian boleh menggunakan Font Hias untuk Nama Blog kamu, untuk artikel dan judul artikel gunakan font standart sehingga mudah dibaca.
Kalian bisa menambah kode HTML untuk menghias blog kalian, tapi ingat, secukupnya saja, dan gunakan kode yang ringan.
RINGAN
Ingatlah, Pengunjung paling gak suka dengan hal yang namanya LOADING LAMA.
Pasanglah widget seperlunya, pesan saya jangan pasang widget yang berlebihan, karena akan berpengaruh terhadap loading halaman blog kalian.
Widget yang perlu dipasang adalah Label/Kategori, Search, Daftar isi, About me, followers. Cukup itu saja, tapi kalo mau nambah boleh, maksimal 3 widget lagi, supaya loading gak berat, misalnya buku tamu, tombol like facebook, atau twitter.
Bagi kalian yang barusaja bikin blog dan pengunjung masih sedikit, jangan terburu-buru pasang iklan di halaman blog kalian, karena iklan akan memperberat loading blog kalian.
Jika kalian menggunakan Background, gunakan image yang file sizenya kecil, kalian bisa edit file size menggunakan photoshop, photoscape atau program editor foto lainnya.
Jangan terlalu banyak pasang gambar pada halaman utama.
Cek loading blog anda disini
INFORMATIF
Yang sangat penting untuk diperhatikan adalah tersampaikannya informasi yang kita berikan kepada para pengunjung blog.
Agar para pengunjung mudah mendapatkan informasi yang mereka inginkan caranya adalah pasang widget search sehingga pengunjung bisa mencari yang mereka butuhkan dengan cara memasukkan kata kunci. Atau kalian bisa pasang widget label atau daftar isi.
Posting hal-hal yang sesuai dengan tema blog kalian.
Rajin rajinlah membuat artikel agar blog anda selalu update.

Diatas adalah sedikit tips dari saya dalam mendesain blog. Cukup perhatikan 3 Syarat diatas saya yakin pengunjung akan kembali lagi untuk menengok blog kita.

Sebagai blogger sejati, alangkah baiknya jika kita membuat artikel yang kita pikir dan kita tulis sendiri alias tidak COPY PASTE (COPAS), tetapi jika kalian tertarik dengan suatu artikel dan ingin posting ulang artikel tersebut, ijinlah kepada pemilik artikel tersebut, dan jangan lupa cantumkan link sumber artikel yang sudah kalian copas.

Demikian yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini, semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.

Happy Blogging...

Senin, 13 Agustus 2012

Sejarah Al-Qur'an

Apakah itu al-Quran.

� "Quran" menurut pendapat yang paling kuat seperti yang dikemukakan Dr. Subhi Al Salih bererti "bacaan", asal kata qara�a. Kata Al Qur�an itu berbentuk masdar dengan arti isim maf�ul yaitu maqru� (dibaca).

� Di dalam Al Qur�an sendiri ada pemakaian kata "Qur�an" dalam arti demikian sebagal tersebut dalam ayat 17, 18 surah (75) Al Qiyaamah:

Artinya:

� �Sesungguhnya mengumpulkan Al Qur�an (didalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggunggan kami. kerana itu jika kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikut bacaannya".
Kemudian dipakai kata "Qur�an" itu untuk Al Quran yang dikenal sekarang ini.

Adapun definisi Al Qur�an ialah: "Kalam Allah s.w.t. yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad dan yang ditulis di mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah"

Dengan definisi ini, kalam Allah yang diturunkan kepada nabi-nabi selain Nabi Muhammad s.a.w. tidak dinamakan Al Qur�an seperti Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s. atau Injil yang diturun kepada Nabi Isa a.s. Dengan demikian pula Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad s.a.w yang membacanya tidak dianggap sebagai ibadah, seperti Hadis Qudsi, tidak pula dinamakan Al Qur�an.



Bagaimanakah al-Quran itu diwahyukan.

� Nabi Muhammad s.a.w. dalam hal menerima wahyu mengalami bermacam-macam cara dan keadaan. di antaranya:

1, Malaikat memasukkan wahyu itu ke dalam hatinya. Dalam hal ini Nabi s.a.w. tidak melihat sesuatu apapun, hanya beliau merasa bahwa itu sudah berada saja dalam kalbunya. Mengenai hal ini Nabi mengatakan: "Ruhul qudus mewahyukan ke dalam kalbuku", (lihat surah (42) Asy Syuura ayat (51).

2. Malaikat menampakkan dirinya kepada Nabi berupa seorang laki-laki yang mengucapkan kata-kata kepadanya sehingga beliau mengetahui dan hafal benar akan kata-kata itu.

3. Wahyu datang kepadanya seperti gemerincingnya loceng. Cara inilah yang amat berat dirasakan oleh Nabi. Kadang-kadang pada keningnya berpancaran keringat, meskipun turunnya wahyu itu di musim dingin yang sangat. Kadang-kadang unta beliau terpaksa berhenti dan duduk karena merasa amat berat, bila wahyu itu turun ketika beliau sedang mengendarai unta. Diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit: "Aku adalah penulis wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah. Aku lihat Rasulullah ketika turunnya wahyu itu seakan-akan diserang oleh demam yang keras dan keringatnya bercucuran seperti permata. Kemudian setelah selesai turunnya wahyu, barulah beliau kembali seperti biasa".

� 4. Malaikat menampakkan dirinya kepada Nabi, tidak berupa seorang laki-laki seperti keadaan no. 2, tetapi benar-benar seperti rupanya yang asli. Hal ini tersebut dalam Al Qur�an surah (53) An Najm ayat 13 dan 14.

Artinya:

� Sesungguhnya Muhammad telah melihatnya pada kali yang lain (kedua). Ketika ia berada di Sidratulmuntaha.



Hikmah diturunkan al-Quran secara beransur-ansur

Al Qur�an diturunkan secara beransur-ansur dalam masa 22 tahun 2 bulan 22 hari atau 23 tahun, 13 tahun di Mekkah dan 10 tahun di Madinah. Hikmah Al Qur�an diturunkan secara beransur-ansur itu ialah:

1. Agar lebih mudah difahami dan dilaksanakan. Orang tidak akan melaksanakan suruhan, dan larangan sekiranya suruhan dan larangan itu diturunkan sekaligus banyak. Hal ini disebutkan oleh Bukhari dan riwayat �Aisyah r.a.

2. Di antara ayat-ayat itu ada yang nasikh dan ada yang mansukh, sesuai dengan permasalahan pada waktu itu. Ini tidak dapat dilakukan sekiranya Al Qur�an diturunkan sekaligus. (ini menurut pendapat yang mengatakan adanya nasikh dan mansukh).

3. Turunnya sesuatu ayat sesuai dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi akan lebih mengesankan dan lebih berpengaruh di hati.

4. Memudahkan penghafalan. Orang-orang musyrik yang telah menayakan mengapa Al Qur�an tidak diturunkan sekaligus. sebagaimana tersebut dalam Al Qur�an ayat (25) Al Furqaan ayat 32, yaitu:

� mengapakah Al Qur�an tidak diturunkan kepadanya sekaligus

� Kemudian dijawab di dalam ayat itu sendiri:

� demikianlah, dengan (cara) begitu Kami hendak menetapkan hatimu

5. Di antara ayat-ayat ada yang merupakan jawaban daripada pertanyaan atau penolakan suatu pendapat atau perbuatan, sebagai dikatakan oleh lbnu �Abbas r.a. Hal ini tidak dapat terlaksana kalau Al Qur�an diturunkan sekaligus.



Ayat Makkiyah dan ayat Madaniyah

� Ditinjau dari segi masa turunnya, maka Al Qur�an itu dibahagi atas dua golongan:

? 1. Ayat-ayat yang diturunkan di Mekah atau sebelum Nabi Muhammad s.a.w. hijrah ke Madinah dinamakan ayat-ayat Makkiyyah.

2. Ayat-ayat yang diturunkan di Madinah atau sesudah Nabi Muhammad s.a.w. hijrah ke Madinah dinamakan ayat-ayat Madaniyyah.

Ayat-ayat Makkiyyah meliputi 19/30 dari isi Al Qur�an terdiri atas 86 surah, sedang ayat-ayat Madaniyyah meliputi 11/30 dari isi Al Qur�an terdiri atas 28 surah.

Perbezaan ayat-ayat Makiyyah dengan ayat-ayat Madaniyyah ialah:

1. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya pendek-pendek sedang ayat-ayat Madaniyyah panjang-panjang; surat Madaniyyah yang merupakan 11/30 dari isi Al Qur�an ayat-ayatnya berjumlah 1,456, sedang ayat Makkiyyah yang merupakan 19/30 dari isi Al Qur�an jumlah ayat-ayatnya 4,780 ayat.

Juz 28 seluruhnya Madaniyyah kecuali ayat (60) Mumtahinah, ayat-ayatnya berjumlah 137; sedang juz 29 ialah Makkiyyah kecuali ayat (76) Addahr, ayat-ayatnya berjumlah 431. Surat Al Anfaal dan surat Asy Syu�araa masing-masing merupakan setengah juz tetapi yang pertama Madaniyyah dengan bilangan ayat sebanyak 75, sedang yang kedua Makiyyah dengan ayatnya yang berjumlah 227.

2. Dalam ayat-ayat Madaniyyah terdapat perkataan "Ya ayyuhalladzi na aamanu" dan sedikit sekali terdapat perkataan �Yaa ayyuhannaas�, sedang dalam ayat ayat Makiyyah adalah sebaliknya.

3. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya mengandung hal-hal yang berhubungan dengan keimanan, ancaman dan pahala, kisah-kisah umat yang terdahulu yang mengandung pengajaran dan budi pekerti; sedang Madaniyyah mengandung hukum-hukum, baik yang berhubungan dengan hukum adat atau hukum-hukum duniawi, seperti hukum kemasyarakatan, hukum ketata negaraan, hukum perang, hukum internasional, hukum antara agama dan lain-lain.



Nama-nama al-Quran

? Allah memberi nama Kitab-Nya dengan Al Qur�an yang berarti "bacaan".

� Arti ini dapat kita lihat dalam surat (75) Al Qiyaamah; ayat 17 dan 18 sebagaimana tersebut di atas.

? Nama ini dikuatkan oleh ayat-ayat yang terdapat dalam surat (17) Al lsraa� ayat 88; surat (2) Al Baqarah ayat 85; surat (15) Al Hijr ayat 87; surat (20) Thaaha ayat 2; surat (27) An Naml ayat 6; surat (46) Ahqaaf ayat 29; surat (56) Al Waaqi�ah ayat 77; surat (59) Al Hasyr ayat 21 dan surat (76) Addahr ayat 23.

Menurut pengertian ayat-ayat di atas Al Qur�an itu dipakai sebagai nama bagi Kalam Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad s.a.w.

� Selain Al Qur�an, Allah juga memberi beberapa nama lain bagi Kitab-Nya, sepcrti:

? 1. Al Kitab atau Kitaabullah: merupakan synonim dari perkataan Al Qur�an, sebagaimana tersebut dalam surat (2) Al Baqarah ayat 2 yang artinya; "Kitab (Al Qur�an) ini tidak ada keraguan padanya�." Lihat pula surat (6) Al An�aam ayat 114.

� 2. Al Furqaan: "Al Furqaan" artinya: "Pembeda", ialah "yang membedakan yang benar dan yang batil", sebagai tersebut dalam surat (25) Al Furqaan ayat 1 yang artinya: "Maha Agung (Allah) yang telah menurunkan Al Furqaan, kepada hamba-Nya, agar ia menjadi peringatan kepada seluruh alam"

? 3. Adz-Dzikir. Artinya: "Peringatan". sebagaimana yang tersebut dalam surat (15) Al Hijr ayat 9 yang artinya: Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan "Adz-Dzikir dan sesungguhnya Kamilah penjaga-nya" (Lihat pula surat (16) An Nahl ayat 44. Dari nama yang tiga tersebut di atas, yang paling masyhur dan merupakan nama khas ialah "Al Qur�an". Selain dari nama-nama yang tiga itu dan lagi beberapa nama bagi Al Qur�an. lmam As Suyuthy dalam kitabnya Al Itqan, menyebutkan nama-nama Al Qur�an, diantaranya: Al Mubiin, Al Kariim, Al Kalam, An Nuur.



Surah-surah dalam al-Quran

? Jumlah surat yang terdapat dalam Al Qur�an ada 114; nama-namanya dan batas-batas tiap-tiap surat, susunan ayat-ayatnya adalah menurut ketentuan yang ditetapkan dan diajarkan oleh Rasulullah sendiri (tauqifi).

Sebagian dari surat-surat Al Qur�an mempunyai satu nama dan sebagian yang lain mempunyai lebih dari satu nama, sebagaimana yang akan diterangkan dalam muqaddimah tiap-tiap surat.

� Surat-surat yang ada dalam Al Qur�an ditinjau dari segi panjang dan pendeknya terbagi atas 4 bagian, yaitu:

? 1. ASSAB�UTHTHIWAAL, dimaksudkan, tujuh surat yang panjang Yaitu: Al Baqarah, Ali Imran, An Nisaa�, Al A�raaf, Al An�aam, Al Maa-idah dan Yunus.

2. Al MIUUN, dimaksudkan surat-surat yang berisi kira-kira seratus ayat lebih seperti: Hud, Yusuf, Mu�min dsb.

3. Al MATSAANI, dimaksudkan surat-surat yang berisi kurang sedikit dari seratus ayat seperti: Al Anfaal. Al Hijr dsb.

4. AL MUFASHSHAL, dimaksudkan surat-surat pendek. seperti: Adhdhuha, Al Ikhlas, AL Falaq, An Nas. dsb.

g. Huruf-huruf Hijaaiyyah yang ada pada permulaan surat.

� Di dalam Al Qur�an terdapat 29 surat yang dimulai dengan huruf-huruf hijaaiyyah yaitu pada surat-surat:

? (1) Al Baqarah, (2) Ali Imran, (3) Al A�raaf. (4) Yunus, (5) Yusuf, (7) Ar Ra�ad, (8) lbrahim, (9) Al Hijr, (10) Maryam. (11) Thaaha. (12) Asy Syu�araa, (13) An Naml, (14) Al Qashash, (15) A1�Ankabuut, (16) Ar Ruum. (17) Lukman, (18) As Sajdah (19) Yasin, (20) Shaad, (21) Al Mu�min, (22) Fushshilat, (23) Asy Syuuraa. (24) Az Zukhruf (25) Ad Dukhaan, (26) Al Jaatsiyah, (27) Al Ahqaaf. (28) Qaaf dan (29) Al Qalam (Nuun).

Huruf-huruf hijaaiyyah yang terdapat pada permulaan tiap-tiap surat tersebut di atas, dinamakan �Fawaatihushshuwar� artinya pembukaan surat-surat.

Banyak pendapat dikemukakan oleh para Ulama� Tafsir tentang arti dan maksud huruf-huruf hijaaiyyah itu, selanjutnya lihat not 10, halaman 8 (Terjemah)

Alasan Kenapa Harus Puasa

Ketika puasa yang dilakukan oleh ular menghasilkan kulit yang baru, dan ayam yang berpuasa menghasilkan anak ayam, lalu apa yang dihasilkan oleh puasa manusia?

oleh Rusdi Mathari
APA yang membedakan antara orang yang berpuasa dengan orang yang kelaparan? Secara obyektif tidak ada. Perut mereka sama-sama melilit, sementara mulutnya juga kering. Napasnya bau. Namun secara subyektif keduanya niscaya berlainan: Orang yang berpuasa, sengaja berniat melaparkan diri dan orang yang kelaparan kemungkinan besar memang tidak berniat untuk itu.

Karena niat itulah, pada titik tertentu bisa menyebabkan orang yang kelaparan misalnya, menderita busung lapar. Dalam beberapa hal sel-sel di lambung mereka juga bisa mengalami kerusakan. Sebaliknya orang yang sengaja berniat berpuasa malah bisa bertambah sehat, karena sel-sel lambungnya diistirahatkan untuk bekerja.

Lalu apakah dengan demikian puasa dari orang-orang yang memang berniat untuk itu, memang bermanfaat meskipun katakanlah hanya menyangkut soal kesehatan? Belum tentu. Karena bahkan puasa yang diniatkan sekalipun pada akhirnya bisa merusak kesehatan bahkan lebih parah dari penderitaan orang yang kelaparan.

Itu terutama bisa terjadi jika puasanya tidak dilakukan dengan sebuah kesadaran. Orang yang berniat berpuasa tapi pada saat melakukan puasa masih memikirkan hidangan apa yang akan menjadi santapan pembuka misalnya, adalah puasa yang sekadar hanya memenuhi seruan ajaran. Akibat yang paling mungkin dari puasa semacam itu adalah munculnya perilaku jiwa yang gelisah: gelisah menunggu saat berbuka, gelisah kapan puasa berakhir dan sebagainya.

Dibandingkan dengan ibadah yang lain seperti salat, zakat atau haji, puasa adalah ibadah rahasia yang berbeda kadar dan nilainya. Bukan semata karena ibadah puasa tidak memiliki gerakan atau tindakan kasatmata seperti gerakan-gerakan dalam salat atau zakat dan haji itu� melainkan karena ia sepenuhnya adalah ibadah rasa. Dan karena rasa itu adalah sesuatu yang rahasia maka yang tahu kadar dan nilai puasa yang dilakukan sudah benar atau sebaliknya sebagai puasa, tentulah hanya si pembuat rasa.

Orang yang berpuasa mungkin saja tahu tapi pengetahuannya tentang puasa yang dijalaninya kemungkinan besar hanya sebatas dugaan yang belum tentu tepat kecuali hanya sebatas klaim dari rasa. Hadis qudsi dari Muttafaq �alaih yang menegaskan �Setiap kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberi pahalanya� adalah isyarat bahwa hanya Tuhan yang tahu rahasia dari puasa yang dilakukan makhluk (manusia).

Dengan kalimat lain, puasa sebetulnya tidak secara garis lurus berhubungan dengan perut yang lapar, keringnya mulut, dahaganya kerongkongan, padamnya gelora syahwat dan segala hal yang mungkin berkaitan dengan urusan kesehatan. Perut yang lapar, kerongkongan yang dahaga dan syahwat yang padam hanya sebuah pertanda agar manusia insaf dengan ketidakberadaannya sebagai manusia.

Jauh-jauh hari Nabi Muhammad saw. sudah mengingatkan bahwa �Ramai orang berpuasa namun hanya mendapatkan lapar dan dahaga.� Salah satu sebabnya, karena manusia memang hanya sanggup mempuasakan jasmaninya, perut, mulut, kerongkongan dan organ seks itu, tapi tidak dengan pikiran, jiwa, dan hatinya. Hasilnya bisa ditebak: lapar dan dahaga yang diperoleh dari puasa tidak berbekas pada perilaku (akhlak) bahkan pada saat ketika puasa itu sedang ditunaikan.

Tidakkah ular yang menempuh puasa kemudian menghasilkan kulit baru yang lebih baik dari kulit sebelumnya? Atau induk ayam yang berpuasa selama 21 hari menghasilkan anak-anak ayam penerus kehidupan dan beruang kutub yang berpuasa pada musim dingin menjadikan benih-benih ikan kod lebih siap diburu? Singkat kata, puasa yang dilakukan dengan sebuah kesadaran betapa pun kesadaran itu hanya sebatas naluri seperti binatang-binatang itu� pada akhirnya memang akan menghasilkan sesuatu.

Maka puasa Ramadan yang dilakukan orang-orang beriman mestinya menghasilkan sesuatu itu: keinsafan untuk tidak lagi berperilaku takabur, tidak dengki, tidak aniaya, tidak malas, tidak merasa paling dan sebagainya.

Pada tataran yang lebih luas, sesuatu itu bisa menjelma menjadi kesadaran untuk tidak melakukan korupsi kendati peluang untuk itu ada, tidak menyuap atau menerima sogokan untuk urusan apa pun, tidak kikir dan tak menumpuk harta, tidak sewenang-wenang bila menjadi pemimpin, tidak khianat bila dipercaya, dan sebagainya.

Pada wilayah yang sempit sesuatu itu bisa berupa kearifan pengetahuan (ma�rifat) bahwa memang tidak ada yang pantas dimasukkan ke dalam pikiran, jiwa, dan hati melainkan hanya Dia.

keistimewaan malam lailatul qadr

Al-qadar artinya keagungan. Dan dalam ajaran Islam, ia telah diabadikan menjadi nama dari suatu malam di antara malam-malam bulan Ramadhan. Itulah � Lailatul-Qodar�. Malam di mana sang hamba pada saat itu terbangun. Mensucikan diri. Menghadap Tuhannya yang menciptakan dirinya dan seluruh alam yang ia diami. Malam, yang sepenuhnya menyatu dalam kekhusukan sujud.

Malam, yang datang seirama dengan dzikir dan tangis sang hamba di belahan bumi manapun; di pojok-pojok masjid dan di rumah-rumah di tengah keterpencilan kampung.

Di malam itulah, ia telah menemukan identitas kehambaan yang sebenarnya. Ia telah terbebas dari penyakit �Riyak� (ingin dipuji orang), ketika ia sembahyang, dimana semua manusia sedang nyenyak dalam tidur� ketika ia menagis beristighfar, hanya di depan Tuhannya ( bukan di depan siapa-siapa, bukan di depan uang dan patung dunia lainnya).

Demikianlah setidaknya, seorang hamba di Lailatul Qodar, itu. Dan betapa kwalitas kehambaan itu kian lengkap, ketika ia memburu malam-malamnya, seperti memburyu Lailatul qodar. ( Dan semoga kita termasuk dalam model hamba yang semacam ini ameen).

KEISTIMEWAAN LAILATUL QODAR.
Apa yang membuat malam Lailatul Qodar lebih agung dari malam-malam lainya?. Sedemikian rupa, sehingga keberadaan sang hamba di malam itu, bagai tenggelam dalam sebuah upacara yang sakral. Inilah sebuah pertanyaan, yang sejak dini telah dijawab oleh Allah SWT dalam al Qur�an, surat al Qodar;

�Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur�an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.�

Terlihat dalam surat pendek ini, dari awal sampai akhir hanya melukiskan malam yang agung dengan segala keistimewaannya. Dan setidaknya ada keistimewaan yang bisa diraba dari gambaran tersebut:

a- Ia sebuah malam pertama kalinya diturunkan al-Qur�an kepada Rasulullah saw. Karenanya, malam ini adalah malam yang penuh berkah.
b- Ia sebuah malam yang dalam definisi Allah swt., lebih mulya dari pada seribu bulan:Suatu definisi yang menunjukan betapa agungnya kehadiran malam itu di tengah-tengah stuktur kehambaan manusia. Dan ternyata di malam itulah Allah swt. dengan segala kemaha kuasaan-Nya menjelaskan semua urusan yang mengandung hikmah.

Dari definisi Lebih baik dri seribu bulan ini, ada beberapa hal yang cukup penting untuk digaris bawahi, yaitu:

Pertama : seorang mufasir kontemporer; Dr. Wahbah al Zuhaily mengatakan bahwa jika pada malam itu seseorang melakukan amal baik, maka nilai perbuatan itu lebih besar dibandingkan dengan seribu bulan perbuatan serupa di malam-malam lainnya.

Kedua : dalam sebuah riwayat yang dikishkan oleh imam Ibnu Abi hatim dan Al wahidy, bahwa suatu hari Rasulullah saw. pernah menceritakan seorang di antara bani Israil yang berjuang merangkul senjata di jalan Allah swt. selama seribu bulan. Pada waktu itu, para sahabat terkagum-kagum terhadap kepribadian mujahid yang diceritakan Rasulullah saw. itu. Sejak itulah Allah swt. kemudian menurunkan surat al Qodar ini, yang menerangkan bahwa beribadah di malam Lailatul qodar masih lebih utama dari seribu bulan berjihat di jalan Allah swt.

Ketiga : dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dan Muslim Rasulullah saw. bersabda :
� Barang siapa bangun di malam Lailatul qodar dengan bekal iman seraya melakukan muhasabah; introspeksi diri maka pahalanya adalah ampunan atas segala dosa-dosanya yang telah lewat �.

c- Ia sebuah malam, yang di dalamnya Alllah swt. menurunkan malaikat-malaikatNya, termasuk juga malaikat Jibril. Maksud pengiriman delegasi para malaikat ini, seperti yang ditafsirkan olleh Dr, Wahbah Al Zuhaily- tafsir al Munir- adalah untuk merekam segala perbuatan manusia; berbentuk ketaatan maupun kemaksiatan.

d- Ia sebuah malam yang menyimpan kedamaian, ketenangan dan barakah yang tiada bandingannya. Dan kedamaian ini terus berlangsung hingga terbit fajar;. Suatu kedamaian, yang dalam pandangan Dr Wahbah, ditandai dengan turunya segala kebaikan dan barakah. Turunya para malaikat silih berganti sambil menghantarkan rahmat Allah swt. Demikianlah suasana itu mengalir bagai air bah, hingga menjelang fajar. pada waktu itu, malam menjadi seperti sebuah mekanisme Illahiah yang berbeda dari malam-malam lainnya; tiada balak (siksaan langsung dari Allah swt), tiada keleluasaan bagi Syetan untuk beroprasi, dan meloloskan semua siasatnya. Karena di malam itu, semua hamba pada menyatukan sujud di hadapan penciptanya; Allah swt.

BAGAIMANA MENGETAHUI LAILATUL QODAR
Pertama ; dalam riwayat imam Ahmad, Rasulullah saw bersabda bahwa lailatul Qodar turun pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan. Terutama pada malam-malam yang ganjil; ke sembilan, ketujuh, kelima, ketiga atau pada malam yang paling akhir.

Kedua ; Sebagian besar ulama� meyakini bahwa malam Lailatul qodar itu turun pada malam ke 27 dari bulan Ramadhan. Dasar keyakinan itu adalah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Tirmizi bahwa Ziir Ibnu Jubais berkata kepada Ubai Ibnu Kaab bahwa saudara Ibnu Masud berkata: �Barang siapa (tidak pernah tidur malam) sepanjang tahun pasti akan mendapatkan malam lailatul qadar. Ubai berkata: semoga Allah swt. mengampuni Abi Abdirrohman (Ibnu MAsud). Dia sebenarnya mengetahui bahwa malam lailatul qadar itu turun pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan. Bahkan ia tahu bahwa lailatul qadar itu turun pada tanggal 27 Ramadhan. (tapi ia tidak menerangkan hal itu) supaya orang-orang tidak hanya bangun di malam itu saja. (untuk menguatkan perkataannya ini ) Ubai kemudian berrsumpah bahwa malam itu jatuh pada malam 27 Ramadhan. Ziir berkata kepada Ubai: dengan apa kau bisa berkata demikian wahai Abu Mundzir ? Ubai menjawab : dengan tanda-tanda yang telah diberitahukan oleh Rasulullah saw. yakni bahwa matahari pada waktu itu terbit dengan tanpa cahaya.

Ketiga : hal yang juga menandai hadirnya malam lailatul qadar ini, bisa di intip dari kenyataan alam; jika di pagi harinya matahari agak suram dan cahayanya tidak begitu terang , berarti di malam harinya, lailatul qadar telah turun. Itulah seperti yang di terangkan dalam riwayat berikut:


Riwayat Ibnu Abbas bahwa Rasululah saw. bersabda : Malam lailatul qadar hawanya sedang; tidak panas dan tidak dingin. Dan dipagi harinya matahari terbit dengan cahaya yang agak lemah dan kemerah-merahan.


Riwayat Jabir Ibnu Abdullah: Rasulullah saw. bersabda bahwa beliau melihat lailatul qadar , hawanya sedang, tidak panas dan tidak dingin. Cerah seperti berbulan. Pad waktu itu syetan pada terdiam hingga terbit fajar.
Jabir ra. dalam sebuah riwayat berkata : �saya pernah menyaksikan malam laulatul qadar. (Namun entah ) malam itu (tiba-tiba) hilang dari ingatan saya. (yang jelas) malam itu jatuh pada sepuluh hari terakhir dari malam-malam (bulan Ramadhan). Ia tampak cerah dan terang. Tidak panas dan tidak dingin . Terlihat seperti di sinari bulan. Pada waktu itu, tidak keluar syetan-syetan malam , hingga cahaya fajar memancar.�

PENUTUP
Yang jelas, rahasia disembunyikannya lailatul qadar ini, banyak hikmahnya. Seperti disembunyikannya waktu kapan dari setiap hamba ini akan mati. Diantara hikmah yang paling pokok adalah agar masing-masing dari hamba ini kian bersungguh-sungguh untuk meningkatkan amal soleh dan menjauhi segala macam bentuk kemungkaran , sebagaimana ia harus bersungguh-sungguh dalam mengintai malam lailatul qadar. Seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah saw. :
????? ???? ????? ?? ????? ??????? ?? ?????
Artinya : Intailah malam lailatul qadar, pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan.

Semoga uraian singkat ini ada mamfaatnya bagi penulis,khususnya, dan bagi para pembaca pada umumnya. Hasbiyallah wa ni�mal wakiil ni�mal maula wa ni�mannasiir�

Sumber : Dr. Amir Faishol Fath- Pesantren Virtual.

Rabu, 01 Agustus 2012

Manfaat Shalat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada apa dengan shalat? Milyaran kaum muslimin melakukan shalat namun shalatnya tidak bisa memberikan manfaat apa-apa kecuali rasa capek. Umumnya Apa yang kita tau tentang Shalat hanya sebatas kalau dikerjakan mendapat pahala dan masuk surga kalau di tinggalkan atau dilalaikan mendapat azab dan masuk neraka. Doktrin ini sudah turun temurun di ajarkan oleh orang tua kita, ustadz, Tengku yang ada di Gampong-gampong dan dari buku / kitab lainnya. Namun sayangnya Doktrin tersebut tidak diimbangi dengan fungsi shalat yang bisa dirasakan ketika masih di dunia bahkan manfaat shalat bisa di rasakan detik itu juga. Sehingga shalat menjadi kurang menarik bahkan cenderung menjadi beban yang mengganggu rutinitas kita sehari-hari. Shalat kita hanya sebatas menunaikan kewajiban atau karena rasa takut akan dimasukan kedalam neraka.

Ironisnya dengan ancaman yang begitu mengerikan akan derita di neraka pengajaran shalat menjadi timpang, bahkan tidak pernah diajarkan bagaimana caranya meraih rasa khusyu, kalaupun pernah porsinya tidak berimbang. Padahal Allah SWT berfirman:

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu� dalam sembahyangnya (Qur�an surat Al-Mu�Minun Ayat 1-2)

Ayat tersebut menerangkan bahwa yang �beruntung� itu adalah orang yang beriman dan khusyu dalam shalatnya, hal ini berarti yang tidak khusyu tidak termasuk orang yang �Beruntung�. Sedemikian besar pentingnya khusyu namun pengajarannya mendapatkan porsi yang terpinggirkan sehingga fungsi shalat menjadi bias, kebanyakan Shalat hanya diajarkan dari segi ilmu fiqihnya yakni tata cara, rukun dan syarat sahnya serta bacaannnya. Dan inipun oleh beberapa kalangan dijadikan bahan perdebatan yang kemudian berakhir dengan perpecahan dan permusuhan sesama umat Islam. Shalat bukannya menjadi berkah namun menjadi ajang konflik, buah mengerjakan Shalat hanya sebatas lega telah selesai menjalankan kewajiban.

Shalat sesungguhnya sesuatu yang sangat luar biasa, umat islam yang jeli harus bertanya mengapa shalat di turunkan oleh Allah di tempat tertinggi di langit ketujuh yakni di sidratul muntaha?, mengapa tidak diturunkan di dunia ini seperti Al-Qur�an, Injil, Taurat dan Jabur? Memang hal ini hak Prerogatif Allah SWT mau diturunkan dimanapun juga tidak akan mengurangi keistimewaan shalat, tetapi tidak semata mata Allah menurunkannya di Sidratul Muntaha kalau Shalat bukan suatu perkara yang besar, sesuatu yang istimewa, sesuatu yang luar biasa..Shalat dipandang biasa biasa saja oleh sebagian besar umat islam bahkan dilalaikan dan ditinggalkan karena manfaat shalat tidak bisa dirasakan oleh yang mengerjakannya, bahkan menjadi beban dalam hidupnya.

Ribuan motivator memberikan solusi bagaimana meraih sukses, bagaimana merubah hidup anda dari keterpurukan menjadi bangkit dan meraih kebahagiaan, namun hanya beberapa orang yang bisa menerapkannya dengan konsisten, sisanya kembali kepada keterpurukan, semangatnya mengendur dan akhirnya hidup dijalani tanpa visi dan misi yang jelas. Istilah hidup dijalani apa adanya hidup bagaikan air mengalir menjadi tempat persembunyian orang-orang yang enggan mempersembahkan yang terbaik dalam hidupnya. Padahal hidup di dunia hanyalah sementara masih ada kehidupan lain yang lebih panjang di alam akhirat nanti, kalau kita tidak mempersembahkan yang terbaik dalam hidup kita, maka penyesalan yang tiada akhir akan menunggu di hari berbangkit dimana hanya amal ketika di dunialah yang bisa memberikan manfaat.

Berjuta-juta orang di dunia meraih segala cara untuk memperoleh kebahagiaan hidup, kepuasan batin, kesuksesan bahkan tidak jarang untuk memperoleh kepuasan manusia mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Banyak pula diantara Umat islam yang belajar meditasi seperti yoga, reiki dll hanya untuk memperoleh kepuasan batin, padahal Umat Islam punya sesuatu yang lebih bisa diandalkan yang lebih dari sekedar meditasi seperti reiki dan yoga yakni dengan jalan. �Mendirikan Shalat� ..

Mendirikan Shalat sangat berbeda dengan mengerjakan Shalat, mengerjakan Shalat asal dipenuhi syarat rukunnya maka dia telah mengerjakan Shalat, Mendirikan Shalat itu selain shalatnya dikerjakan dengan benar, penuh dengan kekhusyuan dan ikhlas, nilai-nilai yang terkandung dalam shalat harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari. Umat Islam pada umumnya asal sudah mengerjakan Shalat maka selesailah kewajiban, perkara di luar shalat mau maksiat, mau korupsi itu masalah lain. Padahal cerminan dari nilai nilai shalat dalam kehidupan sehari-hari merupakan satu paket yang tidak terpisahkan dari �Mendirikan Shalat�. Akhirnya Shalatnya Umat Islam menjadi tidak berharga dan tidak bernilai�maka pantas saja nyawa umat islam menjadi nyawa yang paling tidak berharga di ambon di poso di palestina semua menjadi korban pembantaian. Shalatnya tidak menjadikan manusia mulia dan sukses melainkan terpuruk , jatuh dan tertindas, yang miskin semakin miskin tanpa ada perubahan dalam hidupnya. Islam diidentikan oleh dunia barat dan juga orang-orang yang membenci Islam sebagai orang-orang yang dekat dengan terorisme, kemiskinan dan keterbelakangan sementara dunia barat diidentikkan dengan kemoderenan, kemajuan dan kemapanan.

Sering kita bertanya mengapa orang orang barat yang notabene non muslim hidupnya maju dan berkelimpahan. Dunia barat seakan menjadi kiblat peradaban modern, sebuah peradaban yang ideal menurut kaca mata manusia. Sementara umat islam cenderung terbelakang dan lamban.

Kalau kita teliti rahasiah keberhasilan mereka, ternyata walau mereka tidak mengenal Shalat karena umumnya Non Muslim , mereka menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Shalat bahkan mereka menerapkan nilai-nilai syukur. Mereka hidup disiplin, ulet , optimis, tidak mudah putus asa, mengerjakan sesuatu dengan serius/khusyu dan dengan segenap hati Maka mereka layak dan pantas menjadi bangsa yang �Maju�, walau majunya masih dalam tanda kutip karena harus diakui juga kemajuan mereka dalam pembangunan material tidak diimbangi dengan kemajuan dibidang spiritual terlepas dari apapun agama dan keyakinan yang mereka anut. Dalam tatanan kehidupan universal semua berlaku hukum sebab akibat. Tidak lantas Allah dengan begitu saja memberikan kelimpahan di dunia kepada mereka, mereka bisa maju karena berusaha sekuat tenaga untuk maju .

Kalau kita mau kembali melihat sejarah peradaban Islam, Generasi Islam Pertama merupakan generasi unggul yang benar benar mendirikan Shalatnya sehingga Allah mencurahkan segala keberkahannya dari langit dan bumi Islam dahulu menjadi kiblat orang-orang barat dalam menuntut ilmu. Kita mengenal Ibnu Sina sebagai Bapak Kedokteran Modern, Abu Musa Alkhwarizmi penemu matematika Al-Jabar bahkan nama Al-Khawarizmi ini diabadikan menjadi nama salah satu ilmu dasar dasar pemrograman komputer yakni Algoritma yang kata ini diserap dari kata Al-khwarizmi hanya di lidah orang barat Al-khwarizmi di baca Algorithm.

Hampir di semua bidang keilmuan Islam menjadi rujukan orang orang barat selama beratus ratus tahun. Ketika di Barat belum ada Universitas kaum Muslimin sudah memilikinya terlebih dahulu. Islam menjadi bangsa yang besar dengan peradaban paling maju dan modern dengan wilayah terbentang luas dari mulai Zazirah arab kemudian ke afrika, eropa dan asia. Semua di raih karena mereka benar benar mendirikan Shalat serta mengimplementasikan nilai-nilai shalat dalam kehidupan mereka sehari-hari, mereka mau maju dan berubah menuju arah yang lebih baik.

So.. What Happen dengan Indonesia?, Indonesia wilayah daratan dan lautannya luas, SDM-nya banyak, Sumber daya alam melimpah, suasana kondusif tetapi mengapa Indonesia kalah maju dengan negara negara lainnya? . Indonesia yang mayoritas Umat islam dan menjadi negara yang Umat Islamnya terbesar di Dunia ternyata tidak mampu berbuat banyak. Seharusnya kita sebagai Umat Islam Indonesia malu dan segera intropeksi diri kemudian bangkit untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kita sehingga bisa melakukan percepatan diri menuju bangsa yang maju, subur, makmur, tentram, damai, bahagia dan sejahtera.

Bagaimana Umat islam bangkit?, banyak hal yang harus dilakukan, banyak hal yang harus dibenahi tetapi mulailah dengan menegakan pondasinya dulu, yakni dengan jalan �Mendirikan Shalat� bukan �Mengerjakan Shalat�. Karena buah dari mendirikan Shalat akan terpancar segala kebaikan, ahlak yang baik, etos kerja meningkat, kedisiplinan yang tinggi, semangat yang tak kunjung padam di topang keikhlasan dan ketawakalan menjadikan power yang luar biasa mendobrak kebekuan menuju perubahan yang lebih baik.

Orang-orang yang benar-benar mendirikan Shalatnya, setiap gerak langkah dan ucapannya senantiasa di jiwai oleh nilai-nilai Shalat, maka tidak heran kalau Allah menganugrahi kekuatan ruhiyyah yang Kata-katanya sanggup mempengaruhi dan menggerakan umat untuk berubah menuju kearah kebaikan.

Oleh karena itu Indonesia hanya butuh 1% saja orang-orang yang benar-benar mendirikan Shalat untuk menjadi bangsa yang maju. Jika penduduk Indonesia kurang lebih 250.000.000, artinya 1% dari penduduk itu = 2.500.000, jika yang 2.5 juta ini benar benar mendirikan shalat dan diberikan anugrah oleh Allah SWT berupa kekuatan Ruhiyyah yang kata katanya sanggup mempengaruhi dan menggerakan umat, maka jika yang 2.5 juta ini sanggup mempengaruhi 1 orang saja dalam 1 tahun untuk benar benar mendirikan Shalat maka dalam 1 tahun jumlah orang yang benar benar mendirikan shalatnya menjadi 2 kali lipat yakni sebesar 5 juta, tahun ke-dua menjadi 10 juta, tahun ke-tiga menjadi 20 juta, tahun ke-empat menjadi 40 juta, tahun ke-lima menjadi 80 juta, tahun ke-6 menjadi 160 juta, dan tahun ketujuh jumlahnya sudah melebihi 250 juta artinya akan berimbas ke negara lain untuk mengikuti langkah yang sama. Kurang dari 10 tahun bangsa Indonesia akan mempunyai modal yang kuat untuk menjadi bangsa yang maju dan 10 tahun kemudian setelah SDM nya terbentuk menjadi SDM yang benar benar mendirikn Shalat bukan mustahil bangsa Indonesia akan menjadi bangsa termaju di dunia karena keberkahan Allah SWT di limpahkan dari langit dan bumi sebagai balasan bagi orang-orang yang bersyukur.

Manfaat Lain dari Sahalat dari sisi Kesehatan.

Salat adalah amalan ibadah yang paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gestur (gerakan khas tubuh) seorang muslim. Namun, pernahkah terpikirkan manfaat masing-masing gerakan? Sudut pandang ilmiah menjadikan salat gudang obat bagi berbagai jenis penyakit! Saat seorang hamba telah cukup syarat untuk mendirikan salat, sejak itulah ia mulai menelisik makna dan manfaatnya. Sebab salat diturunkan untuk menyempurnakan fasilitasNya bagi kehidupan manusia. Setelah sekian tahun menjalankan salat, sampai di mana pemahaman kita mengenainya?

a. TAKBIRATULIHRAM

Postur: berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Manfaat: Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

b.RUKUK
Postur: Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah.Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Manfaat: Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

c.I'TIDAL
Postur: Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga. Manfaat: I�tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami ! pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

d.SUJUD
Postur: Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Manfaat: Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma'ninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.
e.DUDUK

Postur: Duduk ada dua macam! , yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. Manfaat: Saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

f.SALAM
Gerakan: Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Manfaat: Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan
kulit wajah.

BERIBADAH

secara, kontinyu bukan saja menyuburkan iman, tetapi mempercantik diri wanita luar dan dalam. PACU KECERDASAN Gerakan sujud dalam salat tergolong unik. Falsafahnya adalah manusia menundukkan diri serendah? rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang didalami Prof Sholeh, gerakan ini mengantar manusia pada derajat setinggi? tingginya. Mengapa? Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Itu artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan.

Risetnya telah mendapat pengakuan dari Harvard Universitry, AS. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan masuk Islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud.

PERINDAH POSTUR

Gerakan?gerakan dalam salat mirip yoga atau peregangan (stretching) . Intinya untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Keunggulan salat dibandingkan gerakan lainnya adalah salat menggerakan anggota tubuh lebih banyak, termasuk jari kaki dan tangan.Sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk otot dada. Saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, bagian tubuh yang menjadi kebanggaan wanita. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya.

MUDAHKAN PERSALINAN

Masih dalam pose sujud, manfaat lain bisa dinikmati kaum hawa. Saat pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, otot-otot perut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejang lebih dalam dan lama. Ini menguntungkan wanita karena dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila, otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami ia justru lebih elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ?organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

PERBAIKI KESUBURAN

Setelah sujud adalah gerakan duduk. Dalam salat ada dua macam sikap duduk, yaitu duduk iftirosy (tahiyyat awal) dan duduk tawarruk (tahiyyat akhir). Yang terpenting adalah turut berkontraksinya otot-otot daerah perineum. Bagi wanita, inilah daerah paling terlindung karena terdapat tiga lubang, yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih.

Saat duduk tawarruk, tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. Pada posisi! ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.

AWET MUDA

Pada dasarnya, seluruh gerakan salat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuh lentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka sel?sel yang rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung lancar. Alhasil, tubuh senantiasa bugar. Gerakan terakhir, yaitu salam dan menengok ke kiri dan kanan punya pengaruh besar pada ke kencangan kulit wajah. Gerakan ini tak ubahnya relaksasi wajah dan leher. Yang tak kalah pentingnya, gerakan ini menghindarkan wanita dari serangan migrain dan sakit kepala lainnya.