Blogger Widgets

Sabtu, 02 Maret 2013

Metagenesis Pada Tumbuhan Lumut



Metagenesis adalah pergiliran keturunan. Bagaimanakah daur hidup pergiliran keturunan tumbuhan lumut? Simak bagan berikut. 


Penjelasan pergiliran keturunan (metagenesis) Tumbuhan Lumut

Metagenesis diawali dengan berkecambahnya spora yang sangat kecil (haploid) menjadi  protalium (protonema). Protonema ada yang tumbuh menjadi besar dan ada yang tidak tumbuh. Di dalam protonema terdapat kuncup yang tumbuh dan berkembang menjaditumbuhan lumut ( tumbuhan gametofit).
Pada tumbuhan lumut (gametofit) dibentuk gametangium, yaitu sel kelamin jantan (spermatozoid) dan sel kelamin betina (ovum). Sel kelamin jantan ini dihasilkan oleh anteridium dan sel kelamin betina dihasilkan oleh arkegonium. Peleburan spermatozoid dan ovum akan menghasilkan zigot yang terus berkembang menjadi embrio yang diploid. Embrio kemudian akan tumbuh menjadi suatu badan yang bulat dengan tangkai pendek atau panjang yang disebut  sporogonium  (tumbuhan sporofit).
Dalam bagian yang bulat tersebut dibentuk spora sehingga sering disebut dengan kapsul spora yang identik dengan sporogonium. Spora akan terkumpul dalam kotak spora (sporangium). Jika spora jatuh di tempat yang lembap dan sesuai dengan tempat tumbuhnya, spora akan tumbuh menjadi protonema dan protonema akan tumbuh menjadi tumbuhan lumut dan begitu seterusnya.

2 komentar:

  1. daur hidup pergiliran lumut kok salah ya

    BalasHapus
  2. Salahnya dimana? Gak salah ini,yang salah itu elu nya aja. Cuma terbalik di susun nya oke.MAKASIH .

    BalasHapus