Blogger Widgets

Sabtu, 17 Agustus 2013

Cara Merawat Kucing

. Beri makanan yang memang pakan khusus kucing yang sudah direkomendasikan mempunyai gizi lengkap sehingga kualitasnya terjamin. Dan merek makanan kucing yang terkenal adalah merek Whiskas. 


2. Takaran pemberian makanannya harus disesuaikan kebutuhan kucing. Usahakan sekali diberi makan langsung habis, sehingga makanan yang akan diberikan pada waktu berikutnya adalah makanan yang baru, bukan sisaan. Pemberian makanan dengan takaran yang pas akan menghindarkan resiko obesitas pada si kucing.
3. Pilih makanan kering karena praktis dan butiran-butirannya dapat membantu membersihkan gigi si kucing.

4. Tempat pakan kucing harus selalu bersih. Biasakan sisa makanan langsung dibuang. Sayang kan kalau dibuang? Makanya beri makanannya harus sesuai takaran ya, jadinya tidak mubazir. Tempat pakan kucing ada yang modern dan ada yang tradisional, hahaha. Maksudku, ya, lihat saja gambar di bawah ini.
Ini yang ku maksud modern, tempat makan dan sekaligus minum kucing. Sedangkan yang di bawah ini yang ku maksud dengan tradisional. Hehe.



Oh iya, beri jadwal saat pemberian makanan. Biasakan dari hari ke hari waktunya selalu sama sehingga kucing mengetahui kapan jadwalnya dia untuk makan. Jika kucing tidak ditempatkan di kandang, taruhlah tempat makanannya di tempat yang sama, jangan berpindah-pindah. Sehingga ia tahu kemana ia harus pergi saat sudah waktunya untuk makan.
5. Pastinya jaga juga kebersihan kandang, biar kucingnya juga sehat ya.


6. Sediakan persediaan minum untuk si kucing, inget ya, air matang jangan air kran! Biarpun kucing sedikit minum tapi tetap membutuhkan persediaan minum.

7. Berikan tempat tidur yang nyaman.
8. Mandikan kucing minimal tiga kali dalam sebulan, atau seminggu sekali dengan menggunakan shampoo kucing yang ber-pH rendah. Jangan lupa lakukan penyisiran bulu setiap hari agar bulu yang rontok tidak terjilat oleh kucing sehingga kucing tidak akan muntah karena menelan bulunya. Bulu yang tertelan dapat mengganggu sistem pencernaan kucing loh! 



9. Sediakan kotak kotoran yang diisi cat litter (pasir kucing). Fungsi pasirnya adalah menyerap air kencing kucing dengan cepat. Segera buang kotoran BAB kucing dan gantilah pasirnya dua kali sehari pagi dan sore.


10. Lakukan vaksinasi sesuai umur dan kebutuhan kucing. Juga periksakan kesehatan kucing secara rutin ke dokter hewan terdekat.
11. Segera periksa ke dokter hewan apabila kucing menunjukkan gejala-gejala terserang penyakit. Seperti tidak nafsu makan, pilek, dan BAB lembek atau tidak normal.
12. Jangan lupa beri mainan untuk si kucing agar kucing tidak stress dan makin terlihat menggemaskan saat memainkannya. Lihat deh tali yang terlilit di tiangnya. Itu ada fungsinya loh, jika kuku kucing terasa gatal maka ia akan mencari sesuatu untuk di cakar-cakar. Dan tali itu untuk tempat kucing mengasah kukunya bila kukunya gatal. Sehingga ia tidak akan mencakar-cakar sofamu



Sumber :http://irma-elita.blogspot.com/2012/06/cara-merawat-kucing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar