Blogger Widgets

Jumat, 30 Agustus 2013

FAKTA -FAKTA TENTANG UMAR BIN KHATAB AL FARUQ RADHIALLAHU'ANHU

Rasulullah dan juga sebagai seorang khalifah
1. Beliau masuk Islam setelah adiknya yaitu Fatimah binti Khatab dan suaminya membaca al Qur'an Surah Toha ayat 1-8
2. Beliau adalah Khalifah ke-2 setelah Abu Bakar Radhiallahu'anhu wafat selama 10 tahun yaitu pada 13-23 Hijriyah (634-644 Masehi)
3. Beliau membagi daerah kekuasaan seperti gubernur saat memerintah
4. Beliau membentuk dewan-dewan seperti dewan pembendaharaan negara dan dewan angkatan perang
5. Beliau membangun bangunan sebagai Baitul Mal yang dulu Baitul Mal berada di Masjid Nabawi
6. Jasa-jasa beliau di antaranya seperti menaklukkan Syiria, Palestina, Mesir, Irak dan Persia; memetapkan tahun Hijriyah sebagai Tahun Islam; sistem pos malam diadakan untuk mengetahui keadaan Kaum Muslimin; membangun dan memperbesar masjid-masjid seperti Masjid al Haram di Mekkah, Masjid Nabawi di Madinah, Masjid al Aqsa di Yerussalem dan Masjid Amru di Mesir
7. Saat beliau sedang memimpin shalat Subuh, beliau ditikam oleh Abu Lu'lu'ahh (seorang Majusi dari Persia) dan beliau wafat pada 23 Hijriyah (644 Masehi)
8. Beliau dipanggil untuk pertama kali sebagai Amirul Mukminin (Pemimpin orang-orang beriman) dan disetujui oleh para Sahabat Rasulullah termasuk Ali Bin Abi Thalib Radhiallahu'anhu

Catatan :
* Abu Lu'lu'ah seorang Majusi asal Persia dianggap pahlawan oleh Kaum Syiah karena ia menikam Umar bin Khatab Radhiallahu'anhu hingga wafat. Padahal Kaum Syiah mengaku sebagai orang Islam tapi anehnya mereka memuji Abu Lu'lu'ah yang telah membunuh Amirul Mukminin Umar bin Khatab Radhiallahu'anhu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar